Berikut Ini Bukan Termasuk Software Adalah

Berikut ini bukan termasuk software adalah ...

A. Pascal
B. Cobol
C. Microsoft Word
D. Cd Rom

Jawaban: D (Cd Room)


Keterangan:

A. Turbo Pascal

Turbo Pascal adalah sebuah sistem pengembangan perangkat lunak atau software yang terdiri dari kompiler dan lingkungan pengembangan yang terintegrasi atas bahasa pemrograman pascal untuk sistem operasi CP/M, CP/M-86, dan MS-DOS, dan dikembangkan oleh Borland pada masa kepemimpinan Philippe Kahn.

B. COBOL

COBOL (Common Business Oriented Language) adalah suatu bahasa komputer awam (High Level Language) yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis. Software COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer jika terdapat compiler COBOL-nya.

C. Microsoft Word

Microsoft Word adalah software atau perangkat lunak pengolah kata andalan Microsoft. Software ini pertama kali di terbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai jenis sistem operasi, misalnya DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2, serta Microsoft Windows.

D. CD ROM

CD-ROM adalah Hardware yang berbentuk cakram padat dari jenis cakram optik yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai hingga 700MB atau 700 juta bita. CD-ROM bersifat "baca-saja". Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan yaitu kandar CD.

Apa itu Software?

Bukan-termasuk-software-adalah

Software adalah perangkat lunak atau peranti lunak yang merupakan istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk ke dalam program komputer, dokumentasinya, serta berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak memiliki wujud.

Jenis-Jenis Software

Jenis perangkat lunak juga dapat dibedakan lagi dari ragam cara distribusi dan fungsinya secara spesifik. Berikut ini merupakan jenis software berdasarkan distribusinya yaitu:

1. Firmware

Firmware merupakan perangkat lunak yang hanya bisa dibaca. User memiliki level-kontrol yang sangat rendah dalam firmware. Firmware umumnya berada dalam tiap software aplikasi dan sistem operasi sebagai jalur hubung antara software dengan hardware.

2. Freeware

Freeware adalah jenis software yang disediakan secara gratis oleh developernya. Artinya, untuk menggunakan software atau perangkat lunak tersebut user tidak perlu melakukan pembelian secara khusus. Namun, pada umumnya freeware memiliki fitur yang terbatas.

3. Open source

Open source adalah jenis perangkat lunak gratis. Tidak hanya sebatas gratis saja namun software open source juga memiliki keterbukaan akses atas sumber kode pemrogramannya. Software open source dikembangkan oleh banyak developer.

Setiap developer dapat mengolah, merubah, sampai menyebarluaskan perangkat lunak tersebut. Salah satu tujuan dikembangkanya software open source adalah menyediakan software terbaik yang segala fiturnya yang sesuai dengan kebutuhan banyak user. Tidak hanya itu, aksesnya yang gratis juga bisa digunakan oleh user tanpa ketentuan tertentu yang menyulitkan para penggunanya. Software open source memiliki kemungkinan besar untuk tetap terus berkembang sesuai dengan keinginan para pemakainya. 

Contoh software aplikasi open source adalah:

  • Blender: perangkat lunak aplikasi pengolah 3D
  • Open Office: perangkat lunak aplikasi pengolahan kata dan data
Contoh sistem operasi open source adalah:

  • Linux
  • Ubuntu
  • Debian 
  • RedHat

4. Adware

Adware adalah software atau perangkat lunak non-berbayar yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu juga menyediakan kompensasi berupa adanya iklan yang sering muncul pada saat digunakan. Adware banyak dijumpai pada software yang digunakan dalam sistem operasi andoid. Contoh dari software adware adalah camscanner.

0 Komentar