Cara Instal Ulang Lewat Flashdisk

Cara Instal Ulang Lewat Flashdisk – Jika anda sedang mencari artikel tentang cara install windows 10 menggunakan flashdisk, maka anda telah menemukan artikel yang tepat, karena disini pembahasannya lebih detail dan jelas. Kami akan menjelaskan secara rinci langkah-langkah untuk menginstal Windows 10 menggunakan flash sampai Anda benar-benar mengerti dan dapat menginstal Windows 10 sendiri.

Keuntungan menggunakan flashdisk sebagai media instalasi Windows 10 adalah prosesnya lebih cepat daripada menggunakan DVD. Apalagi jika PC atau laptop Anda menggunakan SSD, proses instalasi Windows 10 akan lebih cepat.

Cara Instal Ulang Lewat Flashdisk

Saat ini, menginstal Windows 10 menggunakan flash drive lebih populer daripada menggunakan DVD. Karena file ISO Windows 10 terbaru lebih besar dari 5 GB, maka dipastikan instalasi Windows 10 tidak dapat menggunakan DVD karena hanya 4,7 GB.

Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk Dan Dvd

Sebelum menginstal Windows 10, sebaiknya ketahui dulu spesifikasi minimum yang harus dimiliki PC atau laptop untuk menginstal Windows 10. Pastikan spesifikasi PC atau laptop Anda setidaknya sama dengan persyaratan Windows 10 yang tercantum di bawah ini.

Jika komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari persyaratan sistem Windows 10, bukan berarti Anda tidak dapat menginstal Windows 10, tetapi kinerja perangkat Anda akan lambat. Solusi agar laptop jadul bisa menjalankan Windows 10 dengan lancar adalah dengan menggunakan Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanannya. Berikut adalah merek SSD yang bagus untuk PC atau laptop.

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat flash drive yang dapat di-boot untuk Windows 10. Anda dapat menggunakan Rufus dan Media Creation Tool untuk membuat flash drive yang dapat di-boot.

Ada cara lain untuk membuat flash drive Windows 10 yang dapat di-boot, dan itu adalah dengan alat pembuatan media. Alat ini adalah alat resmi Microsoft yang dapat digunakan untuk memperbarui Windows 10, mengunduh file ISO Windows 10, dan mem-boot Windows 10.

Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk, Lengkap Disertai Gambar

Membuat flash drive Windows 10 yang dapat di-boot menggunakan alat ini akan membutuhkan koneksi internet. Kemudian sambungkan flash drive ke komputer atau laptop Anda dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Setelah flash drive yang dapat di-boot selesai, Anda perlu me-restart komputer atau laptop Anda. Langkah selanjutnya adalah masuk ke BIOS. Anda biasanya harus menekan tombol untuk masuk ke BIOS. Perhatikan bahwa bagian kiri bawah layar PC atau laptop, saat pertama kali dihidupkan, menampilkan informasi tentang tombol mana yang harus ditekan untuk masuk ke BIOS.

Baca Juga:  Cara Instal Wifi Master Key Di Laptop

Di komputer, Anda biasanya menekan tombol Del, Esc atau Ins untuk masuk ke BIOS. Untuk laptop biasanya harus menekan F1, F2, F3, F5 atau F10 untuk masuk ke BIOS. Kebanyakan laptop biasanya menekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS.

Setelah berhasil masuk ke BIOS, pilih menu Boot. Atur prioritas boot ke flash drive terbesar atau nomor 1. Di komputer, pilih Boot #1 flash.

Cara Install Windows 10 Via Flashdisk [update] Work

Perbedaannya akan terletak pada tata letak BIOS, pada dasarnya cari menu Boot di BIOS, lalu atur posisi flash ke #1 atau ubah ke flash Boot Option #1.

Setelah itu komputer atau laptop akan restart secara otomatis dan tunggu sampai muncul splash screen instalasi windows 10 seperti pada gambar dibawah ini.

Panduan ini menggunakan Pembaruan Windows 10 Oktober 2020 (Windows 10 20H2). Untuk versi lain, cara pemasangannya hampir sama. Nantinya, jika PC atau laptop kamu sering reboot saat proses instalasi, tidak perlu khawatir karena ini adalah fase dari proses instalasi Windows 10.

Proses instalasi Windows 10 kini telah selesai dan berhasil. Kemudian install drivernya atau bisa juga melalui Windows Update. Caranya buka menu Setting (tombol Windows+I) lalu klik Update & Security. Kemudian klik Periksa Pembaruan.

Cara Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk

Kemudian instal aplikasi yang diperlukan untuk Windows 10. Jangan menginstal terlalu banyak aplikasi karena dapat memperlambat PC atau laptop Anda.

Kami juga telah menyediakan modul PDF tentang cara menginstal Windows 10 yang dapat diakses menggunakan tombol di bawah ini.

Demikian artikel tentang cara flash install windows 10. Jika ada yang masih kurang jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih sudah mampir di blog ini dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang menjadi pilihan tepat bagi para pengguna komputer. Hal ini sangat wajar karena pengguna merasakan user interface yang berbeda dibandingkan dengan Windows 8. Sedangkan Windows 7 tidak lagi menerima update dari Microsoft.

Itulah beberapa hal yang membuat pengguna komputer lebih memilih untuk menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi di komputernya dibandingkan dengan Windows versi lama.

Tutorial Cara Instal Windows 7 Dari Flas

Bagi Anda yang ingin menginstal ulang Windows 10 karena komputer Anda terinfeksi virus atau ingin menginstal Windows 10 di perangkat baru tetapi tidak tahu caranya. Kemudian ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal Windows.

Proses instalasi Windows 10 akan menyebabkan hilangnya data pada perangkat komputer. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat cadangan data penting Anda sebelum melakukan proses penginstalan ulang.

Apalagi jika Anda memiliki dokumen yang berkaitan dengan pekerjaan atau pekerjaan Anda saat ini. Yang bisa dijadikan tempat menyimpan data backup adalah harddisk eksternal, flashdisk atau USB drive

Baca Juga:  Cara Install Joomla Di Xampp

Setelah Anda mem-backup file Anda, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan file untuk proses instalasi Windows 10.

Tutorial Cara Menginstal Windows 10 Mengunakan Flashdisk

Anda dapat menemukan file ini di DVD ketika Anda membeli lisensi Windows 10 atau kami dapat mengunduhnya dari situs web resmi Microsoft dan kemudian mem-boot Windows 10 menggunakan flash drive.

Kami pernah membuat tutorial tentang cara membuat bootable flash drive untuk Windows 10, Anda dapat membacanya di artikel tentang cara membuat sistem Windows 10 yang dapat di-boot menggunakan flash drive.

Ketika file instalasi sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasukkan DVD ke dalam kompartemen DVD atau mem-flash-nya ke komputer tempat Windows 10 akan diinstal.

Kemudian restart komputer Anda dan masuk ke BIOS dan ubah prioritas boot ke ruang DVD atau flash drive yang berisi file instalasi Windows 10.

Cara Install Windows 11 Dengan Flashdisk Dan Tanpa Flashdisk

Saat komputer menyala, pilih bahasa yang akan digunakan nanti. Selain memilih bahasa, pilih juga format waktu dan mata uang dan pilih input keyboard yang diinginkan.

Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan lisensi Windows 10 Anda. Jika Anda sudah memiliki lisensi, masukkan di kolom yang sudah tersedia dan klik “Next”.

Kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya, perhatikan bahwa langkah ini cukup rumit jika Anda menginginkan banyak partisi atau hard drive.

Setelah menghapus semua partisi, mari kita lanjutkan ke proses membuat partisi baru dengan mengklik “Ruang yang tidak terisi” dan mengklik “Baru”.

Cara Install (ulang) Windows 10 Dengan Flashdisk Atau Dvd

Setelah membuat partisi baru, langkah selanjutnya untuk menginstal Windows 10 adalah memilih drive “Primary” dan klik tombol “Next”.

Peringatan: Kami menyarankan untuk menghapus Flashdisk atau mengeluarkan DVD dari ruang DVD sebelum instalasi mencapai tahap “Selesai”. Mengapa? Agar komputer tidak mengulangi proses instalasi Windows 10 dari awal setelah restart.

Jika komputer sudah restart, proses selanjutnya adalah membuat beberapa pengaturan konfigurasi di Windows 10. Jika ingin menerapkan konfigurasi tersebut, pilih opsi “Use quick settings”.

Proses selanjutnya adalah membuat akun Windows 10, cukup masukkan username dan password Anda, yang nantinya akan digunakan untuk login ke komputer Anda.

Tahapan Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk

Jika Anda belum memasukkan lisensi Windows 10 Anda di tahap awal, saatnya untuk melalui proses aktivasi Windows 10 untuk menikmati semua fitur.

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengembalikan prioritas booting dari flash drive atau ruang DVD yang sebelumnya diubah pada langkah 3.

Caranya sama dengan langkah 3, tinggal reset boot priority ke hardisk internal tempat instal windows 10.

Sangat mudah, bukan? Jika Anda memiliki masalah dengan praktik instalasi Windows 10 di atas, tanyakan di kolom komentar di bawah. Jika kita dapat menginstal PC/Laptop sendiri dengan Windows 10. Caranya cukup sederhana dan tidak jauh berbeda dengan proses instalasi Windows 7 dan Windows 8.1. Perbedaannya hanya pada konfigurasi dan proses setup.

Baca Juga:  Cara Install Windows 10 Di Laptop Baru

Cara Mengatasi Tidak Bisa Booting Usb Flashdisk Saat Instal Ulang Windows

Jadi, langkah apa yang perlu kita lakukan untuk menginstal Windows 10? Apa yang harus disiapkan? Pada artikel ini, kita akan membahas cara mudah menginstal Windows 10 menggunakan flash drive.

Setelah beralih ke flash drive yang dapat di-boot, kita dapat segera memulai proses instalasi Windows 10 dengan mem-flash BIOS. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah setup

2. Tekan DEL (Hapus) untuk masuk ke BIOS. Selain tombol Del, ada tombol lain yang bisa Anda gunakan, yaitu F1, F2 atau F10, tergantung jenis laptop yang Anda miliki.

Dan dengan tombol shift +/-, selama boot pertama berfungsi pada flash. BIOS dapat langsung mengenali jenis/merk flashdisk.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk, Lengkap Dengan Gambar

6. Jika langkah 5 sudah dilakukan, maka kita bisa langsung menyimpan pengaturan dengan memilih tab Exit dan pilih Exit with saving changes dan pilih Yes. Atau jika ingin lebih praktis, kita bisa langsung tekan F10 dan pilih Yes.

Setelah pengaturan di BIOS, halaman instalasi akan muncul di layar dan kita bisa langsung memulai proses instalasi Windows 10. Artinya kita bisa langsung pindah ke tahap selanjutnya. Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah:

4. Klik kotak kecil yang mengatakan saya setuju dengan persyaratan lisensi. Dengan ini kami menyetujui peraturan tersebut. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

5. Kemudian kita harus memilih salah satu dari dua metode instalasi. Pilih Kustom untuk instalasi yang bersih. Jika Anda ingin memutakhirkan sistem Windows 10 yang ada tanpa menghapus data dan pengaturan Windows Anda, pilih opsi Upgrade.

Cara Instal Windows 10 Dengan Flashdisk + Gambarnya

Jika tahapan-tahapan bank tersebut di atas sudah terlewati, maka kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tahap distribusi. Pada tahap ini kita harus berhati-hati agar tidak terjadi kehilangan data di PC/Laptop. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kita lakukan pada tahap ini:

1. Jika kita pernah menginstall Windows 7 atau Windows 8.1, maka tentunya tidak ada partisi (Unallocated Space) pada bagian harddisk. Oleh karena itu, kita harus membuat partisi baru dengan mengklik New. Jika kita ingin menginstal ulang, kita harus

Dari jendela sebelumnya dengan mengklik bagian dari jendela lama dan mengklik Hapus. Berhati-hatilah untuk tidak menghapus partisi secara tidak sengaja untuk menghindari kehilangan data. Maka lakukanlah

2. Setelah membuat partisi, kita tinggal menunggu proses instalasi Windows 10 di

Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk (lengkap + Gambar)

Instal ulang lewat flashdisk, instal ulang windows 10 flashdisk, instal ulang macbook dengan flashdisk, cara instal ulang dengan flashdisk, instal ulang windows 7 flashdisk, cara instal ulang melalui flashdisk, cara instal ulang pake flashdisk, cara instal ulang menggunakan flashdisk, cara instal ulang windows 10 lewat flashdisk, cara instal ulang flashdisk, cara instal ulang windows 7 lewat flashdisk, instal ulang windows dengan flashdisk

Baca Juga

Cara Instal Driver Laptop Online

Cara Instal Driver Laptop Online – 4 Cara Install Driver Windows 7 dengan Benar dan …